Apa Itu Domain & Bagaimana Cara Kerjanya

apa itu domain

Banyak yang bertanya apa sih itu nama domain dan seperti apa cara kerja domain tersebut?

Dalam bahasan kali ini admin akan memberikan penjelasan singkat mengenai domain dan cara kerja domain. Agar bisa membantu memahami nama domain.

Apa itu Nama Domain?

Nama domain adalah alamat situs web yang diketik di URL browser untuk mengaksesnya.

Secara sederhana, jika situs web Kamu adalah rumah atau toko, maka nama domain kamu akan menjadi alamatnya. Misalnya Toko sukses alamat di jalan makmur no 2 rt 1 nah kalo di Internet bisa mencari toko sukses di alamat namadomain.com (nama domain si pemilik toko yaitu tokosukses )

Penjelasan lebih rinci:

Internet adalah jaringan raksasa komputer yang terhubung satu sama lain melalui jaringan Internet. Setiap komputer di jaringan ini dapat berkomunikasi dengan komputer lain.

Untuk mengidentifikasi mereka, setiap komputer diberi alamat IP. Ini adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi komputer tertentu di internet. Alamat IP tipikal terlihat seperti ini:

192.168.1.1

Sekarang alamat IP seperti ini cukup sulit untuk diingat. Bayangkan jika Kamu harus menggunakan nomor tersebut untuk mengunjungi situs web favorit kamu.

Maka dari itu nama domain dipersingkat dan diciptakan untuk menyelesaikan masalah ini.

Sekarang jika Kamu ingin mengunjungi situs web, maka Kamu tidak perlu memasukkan angka yang panjang. Sebagai gantinya, Kamu dapat mengunjunginya dengan mengetikkan nama domain yang mudah diingat di browser. Misalnya, prowebid.com

Cara Kerja Domain

Ketika Kamu memasukkan nama domain di browser web Kamu, itu terlebih dahulu mengirimkan permintaan ke jaringan global server yang membentuk Domain Name System (DNS).

Server-server ini kemudian mencari server nama yang terkait dengan domain dan meneruskan permintaan ke server nama tersebut.

Misalnya, jika situs web Kamu dihosting di prowebid, maka informasi name server akan seperti ini:

ns1.prowebid.com
ns2.prowebid.com

Server ini adalah komputer yang dikelola oleh penyedia layanan hosting. Penyedia hosting akan meneruskan permintaan ke komputer tempat situs web disimpan.

Komputer ini disebut server web yang memiliki perangkat lunak khusus yang diinstal (Apache, Nginx adalah dua perangkat lunak server web populer). Server web ini mengambil halaman web dan potongan-potongan informasi yang terkait dengannya. Akhirnya, ia kemudian mengirim data ini kembali ke browser dan menampilkan apa yang seperti kamu lihat saat ini.

Nah jadi itulah sedikit pembahasan mengenai domain dan cara kerja domain juga fungsinya. Kalo kamu ingin mempunyai domain silahkan register nama domain kamu di sini dan mulai berbisinis online

Jangan lupa berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.